Selasa, 27 Oktober 2015

UTILITARIANISME

PENDAHULUAN

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai tingkat penduduk yang cukup tinggi yaitu sekitar 200.000.000  jiwa, hal itu membuat tingkat angkatan kerja yang tinggi. Namun sayangnya hal itu tidak didukung oleh lapangan pekerjaan yang memadai dan akhirnya banyak menimbulkan pengangguran. Untuk mengatasi pengangguran ini pemerintah hendaknya membuka lapangan pekerjaan yag lebih luas dan meningkatkan skill dari para individunya agar mampu bersaing dengan orang asing atau WNA, selain itu cara mengatasi pengangguran juga dapat dilakukan dengan penanaman jiwa berwirausaha pada setiap individu yang nantinya akan berdampak pada bertambahnya lapangan usaha.

TEORI  UTILITARIANISME
 
Menilai perbuatan baik buruknya suatu tindakan atau kegiatan berdasarkan tujuan atau akibat dari tindak tersebut bagi kepentingan orang banyak atau dinilai baik karena dapat memberikan kegunaan atau manfaat perorangan bagi banyak orang.

ANALISIS

Mini market ,mini market tumbuh seperti jamur dimusim hujan, dengan jarak tidak  lebih dari 1 kmkita dapat menjumpai  mini market  satu ke mini market  yang lain. Berdirinya mini market  ini mempunyai dampak positif dan negatif bagi lingkungan sekitar diantaranya:

Dampak positif:
Dampak positif yang pasti terjadi adalah bertambahnya lapangan usaha,dengan bertambahnya lapangan usaha maka jumlah pengangguran dan tingkat kriminalitas (pencurian atau perampokan) di ibu kota ini bisa berkurang.Dampak positif lain yaitu adanya kemajuan dari sesuatu yang tradisional menjadi lebih modern dan karena mini market cukup lengkap jadi memudahkan masyarakat untuk menemukan barang yang sedang dicari.

Dampak negatif
Dampak yang pasti terjadi adalah masyarakat menjadi lebih konsumtif dan bisa mematikan usaha-usaha kecil seperti toko klontongan atau usaha kecil lainnya. Banyak orang yang bergantung pada usaha semacam ini, disamping karena modal yang tidak terlalu besar dan hasil yang didapat bisa langsung dinikmati oleh para pedangang. Hal ini berarti jika kita membeli pada pedagang eceran atau sejenisnya uang yang mereka terima bisa langsung mereka nikmati tanpa harus membayar pajak kepada pemerintah yang entah ujungnya uang pajak itu siapa yang menikmatinya (yang paling terkuak mungkin kasus gayus).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar