Sabtu, 18 Oktober 2014

Apa pengertian & Tujuan mempelajari tentang perilaku konsumen

Pengertian konsumen

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

pengertian Perilaku Konsumen menurut beberapa ahli 

Menurut John C. Mowen dan Michael Minor

perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.

Menurut Lamb, Hair dan Mc.Daniel 

perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan serta mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk.(Rangkuti,2002:91)

Menurut Engel, Blackwell dan Miniard

perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.


Setiap perusahaan pasti ingin mendapatkan keuntungan dalam bisnis yang sedang dijalankannya,maka untuk menunjang keberhasilan yang diharapkan penting adanya untuk mengetahui tentang perilaku konsumen.ada banyak tujuan yang ingin dicapai dengan mempelajari perilaku konsumen,namun diantaranya adalah:

Membuat produk yang dihasilkan dapat diterima oleh konsumen.

Ini adalah hal yang paling penting untuk produsen bahwa semua produk yang dihasilkannya dapat diterima dengan baik oleh konsumen.dengan adanya hal ini maka bisa dikatakan bahwa apa yang dilakukan oleh produsen telah berhasil dan otomatis tercapai pula tujuan utama dari produsen itu sendiri yaitu mendapatkan keuntungan atau laba.

Mendapat loyalitas dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Selain untuk membuat produk yang dipasarkan dapat diterima oleh konsumen tujuan lain yang juga ingin dicapai adalah mendapatkan keloyalan dari konsumen.dengan mendapatkan keloyalan dari konsumen,konsumen bukan hanya akan memakai produk tersebut tapi konsumen juga akan setia terhadar produk dan tidak akan mudah berpindah ke produk lain ataupun produk pengganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar