Sabtu, 18 Oktober 2014

Faktor yang mempengaruhi seseorang (konsumen)dalam melakukan pembelian



Pengertian perilaku knsumen menurut Lamb, Hair dan Mc.Daniel : perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan serta mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga termasuk faktor-
faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk.(Rangkuti,2002:91)

Keputusan pembelian menurut Schiffman, Kanuk (2004, p.547) adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan, haruslah tersedia beberapa alternatif pilihan.
Dibawah ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembeliannya:

Faktor sosial

Group:Sikap dan perilaku seseorang cenderung lebih banyak dipengaruhi oleh banyak grup-grup kecil. Kelompok dimana orang tersebut berada yang mempunyai pengaruh langsung disebut membership group.Membership group terdiri dari dua, meliputi primary groups (keluarga, teman, tetangga, dan rekan kerja) dan secondary groups yang lebih formal dan memiliki interaksi rutin yang sedikit (kelompok keagamaan, perkumpulan profesional dan serikat dagang). (Kotler, Bowen, Makens, 2003, pp. 203-204).

Family influence:Keluarga meruapkan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan para anggota keluarga menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh.

Roles and Status  :Seseorang memiliki beberapa kelompok seperti keluarga, perkumpulan-perkumpulan, organisasi. Sebuah role terdiri dari aktivitas yang diharapkan pada seseorang untuk dilakukan sesuai dengan orang-orang di sekitarnya.Tiap peran membawa sebuah status yang merefleksikan penghargaan umum yang diberikan oleh masyarakat (Kotler, Amstrong, 2006, p.135).

Faktor Personal

Economic Situation (keadaan ekonomi):keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi produk yang akan dipilh.

Lifestyle (gaya hidup):gaya kehidupan seseorang yang dapat dilihat dari berbagai aktivitas yang dilakukan dan berbagai pendapat yang diutarakannya.walaupun mereka berasal dari kelompok yang sama bukan tidak mungkin mereka memiliki gaya hidup yang berbeda.

Personality and Self Concept (karakter):Personality adalah karakteristik unik dari psikologi yang memimpin kepada kestabilan dan respon terus menerus terhadap lingkungan orang itu sendiri, contohnya orang yang percaya diri, dominan, suka bersosialisasi, otonomi, defensif, mudah beradaptasi, agresif (Kotler, Amstrong, 2006, p.140). 

Age and Life Cycle Stage (umur):orang orang akan merubah jenis produk yang dibelinya sesuai dengan siklus hidupnya. 

Occupation:seseorang akan menyesuaikan jenis barang atau jasa yang dibeli sesuai dengan jenis pekerjaan yang mereka lakukan.

Faktor Psychological

Motivation (motivasi):kebutuhan seseorang yang mendesak akan membuat mereka mencari kepuasaan dari kebutuhan itu sendiri.

 Perception (persepsi):Persepsi adalah proses dimana seseorang memilih, mengorganisasi, dan menerjemahkan informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia. Orang dapat membentuk berbagai macam persepsi yang berbeda dari rangsangan yang sama (Kotler, Bowen, Makens, 2003, p.215).

Learning (pembelajaran) :Pembelajaran merupakan suatu proses yang akan selalu berkembang dari jaman kejaman.

Faktor Cultural

Subculture  :merupakan keseluruhan cara hidup seseorang.

Social Class  :adalah pengelompokan seseorang berdasarkan pendidikan,kekayaan ataupun pekerjaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar