Manajemen Pemasaran
adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan (Kotler, 1980).
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Marketing Mix dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan
sebutan Bauran Pemasaran atau 4P.
Menurut Kotler (2003) Marketing Mix atau Bauran Pemasaran,
dapat diartikan sebagai sekumpulan dari variable-variabel yang dapat
dikendalikan yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang
diinginkan dalam pasar sasaran” atau dengan kata lain 4P merupakan kombinasi
dari variabel-variabel pemasaran yang merupakan faktor internal yang berada
dalam jangkauan yang dapat dikendalikan oleh perusahaan.
Adapun variabel-variabel tersebut sebagai berikut:
1.
Produk: adalah kombinasi barang dan jasa
yang dihasilkan oleh perusahaan dan ditawarkan kepada pasar sasaran. Bauran
produk mempunyai sarana-sarana yaitu: mutu, cirikhas, gaya merk dagang,
pembukus, pelayanan dan jaminan.
2.
Harga: adalah sejumlah uang yang
dibayarkan oleh konsumen kepada produsen untuk mendapatkan suatu produk.
Varibel ini mempunyai saran-saran yaitu: daftar harga, potongan harga, syarat
kredit dan periode pembayaran.
3.
Distribusi: adalah kegiatan yang
dilakukan oleh perusahaan agar produk dapat diperoleh dan tersedia bagi
konsumen. Variable ini mempunyai sarana-sarana seperti lokasi,
transportasi,persediaan barang distributor dan pengecer.
4.
Promosi : merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan
untuk meyakinkan konsumen sasaran untuk membeli produknya. Adapaun
sarana-sarana yang terkandng didalamnya adalah periklanan, personal seling,
promosi penjualan publisitas.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar