PERKEMBANGAN KONSEP
PEMASARAN
Meskipun peran
pemasaran sangat penting dalam setiap kegiatan bisnis, pemahaman pengertian
tidaklah seragam karena pengaruh beberapa faktor. Lingkungan, kondisi paar,
sifat produk dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan
terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep
pemasaran yang dianut oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama. Konsep
pemasaran perusahaan falsafah atau anggapan yang dipercaya oleh perusahaan
sebagai dasar dari setiap kegiatannya untuk melayanikebutuhan konsumen. Konsep
pemasaran ini dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan (evolusi
pemikiran). Perkembangannya adalah
sebagai berikut:
1. Konsep produksi:
Adalah anggapan
pemasaran yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen
hanya akan membeli produk-produk yang murah. Dengan demikian focus kegiatan
perusahaan yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya (produksi dan
distribusi) agar dapat menjual barang yang murah kepada konsumen
.
2. Konsep produk:
Adalah anggapan
pemasaran bahwa konsumen lebih menginginkan produk-produk yang berkualitas atau
berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah
pengendalian kualitas.
3. Konsep penjualan:
Adalah anggapan pemasar
yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu
dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum
sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan adalah
usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif
agar mampu mempengaruhi, membujuk (bahkan mungkin memaksa) konsumen untuk
membeli sehingga penjualan dapat meningkat.
4. Konsep pemasaran:
Adalah anggapan
pemasaran yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya
akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan
memberikan keputusan. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan adalah berusaha
memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen yang dijabarkan
dalam kegiatan pemasaran yang memadukan kegiatan-kegiatan fungsional lain
(misalnya kegiatan produksi, keuangan, personalia, dsb)
5. Konsep pemasaran yang
memasyarakat:
Adalah anggapan
pemasaran bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu
memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan social konsumen. Tujuan
kegiatan perusahaan adalah disamping berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat
juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat untuk peningkatan
kesejahteraan.
6. Konsep pasar:
Adalah anggapan pemasar
yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (pesaing
pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif)
untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.
Sumber: Budiarto,
Teguh, 1993.Dasar-dasar pemasaran, Badan penerbit Universitas Gunadarma,
Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar