Pengertian Skripsi, Tesis, Disertasi, TA
Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian dan/atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi dan dipertanggung-jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir Program untuk memenuhi persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan strata satu (S1). Skripsi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3).
Tesis adalah salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis. Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Tesis adalah karya ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S2.
Disertasi adalah karya ilmiah mahasiswa untuk jenjang pendidikan S3 yang berupaya menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Disertasi berupa paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen.
Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian dan/atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi dan dipertanggung-jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir Program untuk memenuhi persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan strata satu (S1). Skripsi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3).
Tesis adalah salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis. Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Tesis adalah karya ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S2.
Disertasi adalah karya ilmiah mahasiswa untuk jenjang pendidikan S3 yang berupaya menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Disertasi berupa paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen.
Perbedaan Skripsi, Tesis, Disertasi dan TA
Secara umum, perbedaan antara skripsi, tesis, dan disertasi dapat dilihat dari dua aspek, yaitu aspek kuantitatif dan aspek kualitatif. Dari aspek kuantitatif, secara literal dapat dikatakan bahwa disertasi lebih berat bobot akademisnya daripada tesis dan tesis lebih berat bobot akademisnya daripada skripsi. Ketentuan ini hanya dapat diberlakukan untuk jenis karya ilmiah yang sama (sama-sama hasil penelitian kuantitatif atau sama-sama hasil penelitian kualitatif; dan dalam bidang studi yang sama pula (misalnya sama-sama tentang bahasa atau sama-sama tentang ekonomi). Artinya, disertasi mencakup bahasan yang lebih luas daripada tesis, dan tesis mencakup bahasan yang lebih luas atau lebih dalam daripada skripsi. Namun ukuran kuantitas ini tidak dapat diberlakukan jika skripsi, tesis, dan di isertasi dibanding-bandingkan antarbidang studi atau antarjenis penelitian.
Contoh Tesis
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh angkatan kerja, investasi
: realisasi PMA, realisasi PMDN dan belanja pemerintah
daerah terhadap PDRB
Propinsi Jawa Tengah selama kurun waktu 1985-2006.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
kenyataan bahwa PDRB Propinsi Jawa
Tengah sangat fluktuatif dan nilainya jauh tertinggal
dibandingkan dengan propinsi
lain di Pulau Jawa dalam periode pengamatan yang sama.
Penelitian ini menggunakan data runtut
waktu tahun 1985-2006 dan
menggunakan analisa regresi “Ordinary
Least Square”
(OLS) dengan bantuan
perangkat lunak SPSS 11.5
Temuan dari penelitian ini menunjukkan
bahwa angkatan kerja, investasi
swasta (PMA dan PMDN) dan belanja pemerintah daerah memberi
dampak positif
terhadap perkembangan PDRB Propinsi Jawa Tengah. Krisis
ekonomi menyebabkan
perbedaan yang nyata kondisi antara sebelum dan sesudah
krisis dan memberi arah
yang negatif.
Sebagai upaya meningkatkan PDRB
Propinsi Jawa Tengah maka diperlukan
kebijakan mendorong minat berinvestasi di daerah.
Pengembangan usaha sebaiknya
diarahkan pada kegiatan yang bersifat padat karya agar mampu
menyerap tenaga kerja
sebanyak mungkin.
Pada akhirnya peran pemerintah daerah
melalui pengeluaran pemerintah yang
dapat merangsang peningkatan variabel investasi dan
penyerapan angkatan kerja
diharapkan mampu meningkatkan kegiatan ekonomi daerah guna
tercapainya
pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan perkapita
masyarakat.
Kata kunci : pertumbuhan ekonomi, Jawa Tengah, investasi
swasta : realisasi PMA
dan PMDN , angkatan kerja, belanja pemerintah daerah, krisis
ekonomi.
Contoh Skripsi
ABSTRAKSI
Isu kependudukan
telah lama menjadi permasalahan dalam ekonomi dunia. Ketidakseimbangan
komposisi demografi kependudukan suatu negara ataupun daerah dikawatirkan tidak
dapat diimbangi dengan produktifitas yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi
yang sangat rendah yang terlihat dari jumlah PDRB harga konstan untuk tiap
daerah setiap tahunnya. Penduduk sebagai objek pembangunan sekaligus subjek
pembangunan, sehingga permasalahan kependudukan (demografi) dapat mempengaruhi
perekonomian maupun pembangunan ekonomi dalam jangka panjang.
Tujuan Penelitian
ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel kependudukan berupa laju
pertumbuhan penduduk, rasio ketergantungan penduduk, rasio penduduk sekolah
pada sekolah menengah dan migrasi keluar (out Migration) terhadap PDRB
harga konstan di Kabupaten Jepara, dimana PDRB harga konstan merupakan ukuran
rill maupun indikator penting dalam melihat perekonomian suatu daerah. Adapun
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dengan jenis
data time series tahunan periode 1986-2008 yang diperoleh dari Badan Pusat
Statistik (BPS).
Dengan menggunakan
model analisis Ordinary Least Square (OLS) menunjukkan bahwa tingkat
pertumbuhan penduduk dan rasio ketergantungan berpengaruh negatif terhadap PDRB
harga konstan, rasio penduduk sekolah pada sekolah menengah mewakili sektor
pendidikan berpengaruh positif terhadap PDRB harga konstan, sedangkan migrasi
keluar tidak memiliki pengaruh terhadap PDRB harga konstan. Dari hasil
koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0.87, memiliki pengertian variabel
kependudukan berupa pertumbuhan penduduk, rasio ketergantungan penduduk, rasio
penduduk pada sekolah menengah dan migrasi keluar memiliki pengaruh 87 %
terhadap PDRB harga konstan.
Kata Kunci : Kependudukan,
PDRB Harga Konstan, Ordianry Least Square
Contoh disertasi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
menemukan model penyelenggaraan work-based learningpada pendidikan
vokasi program Diploma III Otomotif yang dapat meningkatkan kualitas hasil
belajar; (2) mengetahui luaran (output) penye-lenggaraan work-based
learning dengan model yang dikembangkan; (3) mengetahui respon pengelola
program dan manajemen perusahaan terhadap model pengembangan tersebut; dan (4)
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hasil belajar WBL.
Penelitian R&D dan
eksperimen ini dilaksanakan pada program studi Diploma III Otomotif. Penelitian
dilakukan di pusdiklat/training center pada berbagai APM (Agen Pemegang
Merek) Otomotif di Jakarta, Karawang, Tangerang, Bekasi. Populasi penelitian
adalah seluruh mahasiswa Diploma III program studi Teknik Otomotif yang
melaksanakan program pengalaman lapangan/praktik industri di provinsi Daerah
Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dua kelompok mahasiswa sebagai sampel
penelitian berjumlah 100 mahasiswa ditentukan dengan teknik purposive
sampling yang meliputi 3 PTN dan 3 PTS di DIY dan Jawa Tengah. Eksperimen
dilaksanakan di lokasi pusdiklat/training center APM Jakarta, Karawang,
Tangerang, Bekasi pada Juli – Oktober 2010 dengan rancangan faktorial 2 x 1.
Data dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan, wawancara mendalam, dan
dokumentasi. Analisis Validasi isi dilakukan dengan expert judgement.
Validasi konstruk dilakukan dengan analisis faktor dan reliabilitas butir
ditentukan dengan formula Alpha Cronbach dan KR-20. Data dianalisis dengan
analisis deskriptif, korelasi, regresi, jalur, dan uji-t menggunakan bantuan
program komputer SPSS.17. Uji kecocokan model dengan Structural Equation
Modeling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.80, taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model WBL Rolling
Terpadu cocok digunakan dalam penyelenggaraan program work-based learning Diploma
III Otomotif untuk meningkatkan kualitas hasil belajar; (2) luaran (output)
dari model WBL Rolling Terpadu yaitu: pengetahuan mekanik otomotif, sikap
profesional, kesiapan mental kerja, dan kemandirian mahasiswa pada kelas model
lebih tinggi secara signifikan dibanding kelas konvensional; (3) respon
pengelola program dan manajemen perusahaan terhadap model penyelenggaraan WBL
Rolling Terpadu dalam kategori tinggi, baik dalam konsep work-based
learning, penerapan dalam teknis penyelenggaraan, maupun persepsi mereka
tentang WBL, dan (4) dengan analisis regresi ganda, faktor-faktor determinasi
yang mempengaruhi kualitas hasil belajar WBL adalah: kinerja manajemen
pengelola, budaya organisasi mahasiswa,
dan kualitas pembelajaran WBL.
WBL Rolling Terpadu dapat dikembangkan sebagai alternatif penyelenggaraan
program praktik pengalaman industri pada Diploma III Otomotif.
Kata kunci: Pengembangan Model, Work-based learning.
Sumber :
Rustiono,
Deddy , SE .2008. analisis pengaruh investasi, tenaga kerja, dan pengeluaran
pemeriitah terhadap pertumbuhan ekonomi diprovinsi jawa tengah, Tesis. Universitas Diponogoro Semarang
Silalahi, Bungaran, 2011, analisis pengaruh variabel kependudukan
terhadap PDRB harga konstan dikabupaten jepara (1986-2008), Skripsi,
Universitas Diponogoro
Siswanto, Budi, Tri,
2011, Pengembangan model penyelenggaraan work-based learning pada pendidikan
vokasi diploma III otomotif, Disertasi, Universitas negeri Yogyakarta,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar